Jadi

“Jadilah orang baik”

Baik itu definisinya gimana?

Baik itu untuk siapa?

“Jadilah orang yang berguna, bagi bangsa, negara, dan agama”.

Gimana kalo berguna bagi kelompok itu tapi sedang dijadikan ulterior motives mereka?

Gimana kalo berguna bagi kelompok tapi menyengsarakan yang lain?

“Jadilah seperti role model-mu”

Harus ya menduplikasi cara hidup orang lain?

“Jadilah antimainstream”

Harusnya berusaha keras menjadi berbeda walau diri sangat berkebalikan dengan itu?

“Jadilah menonjol”

Memang salahnya di mana kalau lebih nyaman hidup biasa-biasa saja?

“Jadilah diri sendiri”

Mohon maaf kalau nggak tahu tentang diri sendiri itu gimana ya?

Bukannya diri adalah hal yang kompleks dan dinamis ya?

“Jadilah apa yang kamu mau”.

Kalau harapannya nggak realistis sama kemampuannya gimana?

“Jadilah orang yang realistis”.

Oh lebih enak memang hidup seperti itu daripada menjadi pemimpi yang menggantungkan diri pada harapan.

“Jadi” jadinya saling bertentangan

Berbicara mengenai “jadi”,

Menjadi adalah konsep yang kompleks

“Becoming” atau “being”?

Melihat sebagai proses perubahan?

Atau cukup melihat kondisi sekarang?

Ya yang sudah terjadi ya terjadilah

Jadi,

Karena diidealkan secara serupa jadinya “jadi-jadian”

Kalo aku sekarang sih lebih pengen bilang,

“Ya udah bebas mau ngapain aja sekarang. Nggak usah mikir jadi apa”

Lagian suksesnya kamu tahu “jadi apa” lebih kerasa menjelang kematian.

Di situ baru benar-benar jadi tuh

Udah nggak ada proses lagi

Selesai

Sudah Jadi

Sudah kesimpulan

--

--

--

Berponi dan Beropini

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Friri

Friri

Berponi dan Beropini

More from Medium

The Trojan Horse of Development

Book Review: The Summer Place — Colloquium

Le Theme - Kick-Ass (2010): Fatherhood

How to Make Godzilla Jump: An Interview with Kazuki Ômori, Director of Classic 1990s Godzilla